08563040227 / 08388259788

Artikel

Kestabilan Dimensi Part Setelah Molding 3

Aris Yuswinanto January 13, 2013 0 Comment

Berikut ini adalah satu contoh pengukuran penyusutan pada suatu part, akan dibandingkan disini nilai penyusutan actual dari part hasil molded dengan nilai penyusutan yang tertulis pada lembaran material data sheet dari mold yang digunakan. Pada contoh ini part pasti disertai dengan lampiran gambar yang berasal dari manufaktur mold tersebut, bahan polimer yang digunakan untuk part standard ini adalah PBT dengan nilai penyusutan sebagamana tertera adalah 0,017 – 0,023 inchi/inchi. Dimensi kritikal pada mold part akan memberikan toleransi penyusutan 4,941 + 0,008 inchi, sedangkan penyusutan aktual dibandingkan dimensi nominal dari part adalah 0,02197 inchi/inchi.

Sebagaimana diketahui bahwa parameter kiritikal dalam kita melakukan prediksi atas ukuran part hasil proses dengan menggunakan mold ini adalah dengan cara memperkirakan waktu yang diperlukan agar kurva bisa sampai pada keadaan datar nya (flat).

Grafik sebagaimana bisa dilihat dibawah ini menunjukkan bahwa proses pendinginan untuk mencapai kesetimbangannya (menjadi stabil) akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam, hal tersebut disebabkan oleh fakta bahwa PBT merupakan polimer semi-kristalin, bahan ini tidak mengandung bahan pengisi atau penguat yang dapat berefek pada pembatasan terhadap fenomena terjadinya penyusutan, dengan menggunakan ketebalan dinding part adalah 0,250 inchi sehingga waktu yang diperlukan untuk proses pendinginan akan lambat.

Waktu satu siklus pemrosesan untuk menghasilkan satu part adalah 60 detik, sehingga apabila part dihasilkan dari setting yang melampaui spesifikasi dan kita kebetulan terlewat selama 2 jam untuk melakukan re-setting mesin, maka hal ini akan menghasilkan setidaknya 120 part yang rejek. Berbeda dengan apabila kita sadar sejak awal sehingga kita bisa segera melakukan setting mesin agar benar-benar menghasilkan part kualitas yang dikehendaki, maka kita dapat menghemat lebih dari ratusan atau bahkan ribuan part rejek dalam setahun.

Share

Related posts:

  1. Kestabilan Dimensi Part Setelah Molding 1
  2. Kestabilan Dimensi Part Setelah Molding 2
  3. Kestabilan Dimensi Part Setelah Molding 4
  4. Kestabilan Dimensi Part Setelah Molding 5
  5. Mengenal Cacat Weld Line Pada Artikel/Part Plastik – 2

About Aris Yuswinanto

Founder IndoPolimer dan sekaligus adalah Polyethylene dan Polypropylene Specialist, berpengalaman 6 tahun dalam desain produk plastik dan mesin troubleshooting terutama proses yang menggunakan material resin polyethylene (HDPE, MDPE, LDPE, LLDPE). Saat ini Aris bekerja sebagai Process Engineer (sebelumnya adalah Technologist) di perusahaan produsen resin Polyethylene pertama dan terbesar di Indonesia.









Twitter update